Workshop: Managing Risk and Compliance in Recruitment Process Part (II)

Untuk kali kedua, Alpha Integra Indonesia bekerjasama dengan Madina Law Office dan People Search Indonesia telah menyelenggarakan Mini Workshop  dengan tema “Managing Risk and Compliance in Recruitment Process” pada tanggal 24 November 2016. Acara ini dapat terselenggara dengan dukungan dari Fortice Serviced Office.

Dalam Mini Workshop ini para pembicara membahas tentang bagaimana mengelola risiko dan kepatuhan dalam proses perekrutan. Alpha Integra Indonesia yang diwakili oleh Direktur Komersial, Noviyanti Setiyaningsih, MBA, CCPS berbagi mengenai dampak jika perusahaaan lalai dalam proses Know Your Employee (KYE), sehingga dirasa perlu berbagi informasi tentang pentingnya pengecekan latar belakang (calon) pegawai atau lebih dikenal dengan istilah Pre-Employment Screening (PES).

Pre-Employment Screening (PES) sendiri adalah proses yang memungkinkan perusahaan atau pemberi kerja untuk memverifikasi informasi seperti latar belakang pendidikan, riwayat pekerjaan, kinerja dan reputasi sebelumnya, serta memvalidasi dokumen-dokumen yang disediakan oleh (calon) karyawan seperti ijazah, sertifikat professional, kartu identitas dan sebagainya.

Kenapa Pre-Employment Screening (PES) sangat penting?  PES membantu perusahaan atau pemberi kerja dalam menilai potensi risiko yang ditimbulkan oleh kandidat seperti penyalahgunaan wewenang, penggelapan, kepailitan, sejarah kriminal, masalah litgasi, dan sebagainya.

Pada sesi diskusi, Ratri Mulyani selaku Direktur Operasional, berbagi mengenai temuan kasus yang berhubungan dengan Pre-Employment Screening (PES).

By | 2018-07-16T10:36:03+00:00 November 26th, 2016|News|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment